Jumat, 31 Mei 2019

Cara Membuat Drop Cap, Colums, Header & Footer, Clip Art & Watermark, Page Border, Smart Art, Footnote dan Comment



Membuat Drop Cap 

Drop Cap adalah membuat tulisan menjadi lebih besar di awal suku kata . Drop Cap biasanya dipergunakan pada novel, cerita, ataupun koran. Langkah-langkah membuat Drop Cap:


1. Buka MS Word. Setelah terbuka lalu ketikkan kata atau kalimat.


2. Letakkan kursor pada awal paragraph - klik Insert- pilih Drop Cap- pilih Dropped atau In Margin.
Dropped akan membuat huruf yang lebih besar akan masuk kedalam paragraph, sedangkan In Margin membuat huruf yang diperbesar berada di samping margin kertas, sedangkan none tidak memberikan efek apapaun.





Untuk dapat membuat Drop Cap sendiri, klik Drop Cap Option , pilih Dropped atau In Margin, pilih jenis font dan ukurannya, dan jangan lupa atur jarak pada distance from text, lalu OK.








Membuat Colums 

Colums adalah membuat word menjadi beberapa bagian kolom, biasanya digunakan pada majalah atau koran. Langkah-langkah membuat Colums:

1. Buka MS Word. Ketikkan kata atau kalimat.
2. Klik Page Layout- pilih Colums.

3. Pilih jenis Colums yang ingin digunakan.



Membuat Header & Footer

Header & footer adalah suatu teks, tabel atau objek yang diletakkan pada atas atau bagian bawah halaman sebuah dokumen. Langkah-langkah membuat header & footer:

1. Klik Insert - pilih Header atau Footer.


2. Memilih Header, pilih format Header yang diinginkan. Memilih Footer, pilih format Footer yang diinginkan.







3. Maka akan muncul tab Design, yang terdapat simbol-simbol untuk memformat header atau footer agar terlihat lebih menarik.










Membuat Clip Art & Watermark

Clip Art adalah kumpulan file gambar yang dapat dsisipkan pada dokumen. Langkah-langkah membuat Clip Art:

1. Klik Insert - pilih Clip Art.

2. Muncul tab Clip Art, lalu pilih gambar yang diinginkan.





Watermark adalah tanda agar tulisan kita tidak dibajak atau diplagiat, berfungsi untuk melindungi karya. Watermark dapat berupa gambar atau teks yang berada di bawah dokumen. Langkah-langkah membuat watermark:

1. Klik Page layout, pilih Watermark - klik Custom Watermark.

Confidetial 1 : Membuat tulisan menjadi diagonal
Confidetial 2 : membuat tulisan menjadi horizontal
Do Not Copy 1 : Membuat tulisan menjadi diagonal
Do Not Copy 2 :  membuat tulisan menjadi horizontal


2. Untuk gambar pilih Picture Watermark, untuk text pilih Text Watermark.


                                                               


                                                           






Membuat Page Border

Page Border adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja ms word. Langkah-langkah membuat page border:

1. Klik Page layout, pilih Page border.

2. Timbul menu Page Border pada jendela Border and Shading.



3. Pilih bingkai yang diinginkan.

  • None artinya tidak memberikan bingkai
  • Box artinya memberikan bingkai pada seluruh sisi
  • Shadow artinya memberi bingkai dengan efek bayangan
  • 3D artinya memberikan bingkai dengan efek 3D
  • Custom artinya membuat bingkai pada sisi tertentu

4. Kemudian buat pengaturan pada style, color, width, dan art.

5. Ada juga pengaturan pada Apply to:

  • Whole Document untuk mengatur bingkai pada semua halaman
  • This Section memberikan bingkai pada halaman yang di pilih saja
  • This Section First Page Only untuk memberikan bingkai di halaman pertama
  • This Section - All except fisrt page memberikan bingkai pada semua halaman section tertentu kecuali halaman pertama
6. Lalu ada Option untuk mengatur jarak bingkai






Membuat SmartArt

SmartArt adalah untuk membuat tampilan visualisasi data menjadi lebih menarik dan komunikatif. Misalnya hierarchy untuk membuat struktur organisasi. Langkah-langkah membuat smart art:

1. Klik Insert, pilih SmartArt.

2. Pilih grafik smarArt, lalu pilih Hierarchy (membuat struktur organisasi).

3. Masukkan teks dengan klik (teks) di panel teks lalu ketik teks.

4.Maka akan tampil SmartArt Tools, untuk mendesign dan format.





Membuat Footnote

Footnote adalah catatan kaki, atau daftar catatan atau keterangan yang disertakan dibagian bawah dokumen. Langkah-langkah membuat footniote:

1. Letakkan kursor di posisi yang ingin diberi footnote

2. Klik References - pilih Insert Footnote

3. Maka akan langsung diarahkan ke footnote yang dibuat

4. Isi dengan referensi yang diperlukan








Membuat Comment

Comment adalah untuk menyisipkan komentar pada kata atau kalimat tertentu. Langkah-langkah membuat comment:


1. Pilih atau blok kata/ kalimat yang akan diberi komentar.

2. Klik Review - pilih New Comment.

3. Maka akan muncul garis merah, tempat untuk berkomentar.

4. Pada komentar di tulis : kata itu tidak sesuai dengan KBBI.
































Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: