Membuat dan Memodifikasi Table
Tabel adalah sekumpulan kotak yang memiliki baris dan kolom. Tabel sangat bergunakan untuk menghitung bilanagn numerik. Langkah-langkah membuat dan memodifikasi tabel:
1. Klik Insert, pilih Table. Misalkan membuat tabel daftar nilai. Pilih jumlah baris dan kolom, lalu klik.
2. Maka akan timbul Table Tools, yang terdiri dari Design dan Layout yang berguna untuk memodifikasi tabel.
3. Untuk ukuran tabel klik Layout - pilih Auto Fit - Auto fit Contents.
4. Lalu isi tabel
5. Untuk mengatur tata letak huruf, blok huruf yang akan di atur tata letaknya, pilih Layout - bagian Alignment - pilih tata letak.
5. Menambahkan tabel klik Layout - pilih pada menu Rowns & Colums.
6. Untuk menggabungkan cells pada tabel, blok cells yang ingin digabungkan, klik Layout - pilih Merge Cells.
7. Untuk mengubah tampilan warna ada di Design.
Menggunakan Rumus Sederhana di MS Word 2010
Di tabel daftar nilai di atas, dapat kita hitung nilai total dan rata_rata menggunakan rumus sederhana.
Berikut rumus sederhana di MS Word 2010:
Rumus Fungsi
Average (rata-rata)
Count (Jumlah Data)
Min (Nilai Terkecil)
Max (Nilai Terbesar)
Sum (Nilai Total)
Adapun menggunakan operator
+. - , / , x , maupun pangkat.
Langkah - langkah menggunakan rumus:
1. Letakkan kursor pada nilai total, pilih Layout - klik Formula - isi di formula =SUM(LEFT) , lalu klik OK. lakukan hal yang sama pada nilai total lainnya.
2. Untuk mencari nilai rata-rata, menggunakan rumus operator yaitu dibagi (/).
3. Pada formula di isi dengan =100/2 , lalu klik OK. lakukan hal yang sama pada nilai rata-rata yang lainnya.
Atau menggunakan rumus fungsi untuk mencari nilai rata-rata:
1. Harus mengetahui letak kolom dan baris.
2. Pada tabel letak nilai uts hariani putri berada di kolom C baris ke 3 ( C3) , dan nilai UAS berada di kolom D baris 3 (D3). Begitupun seterusnya.
3. Klik Formula - isi dengan =(C3+D3)/2 , lalu klik OK.
4. Untuk mencari nilai max dan min pun sama.

0 comments: