Mail Merge atau surat masal pada MS Word sangat membantu dalam membuat surat masal dengan tulisan sama tetapi data berbeda. Dengan mail merge kita hanya membuat satu template surat saja, lalu membuat data base, dimana data base itu akan di hubungkan dengan surat.
Langkah - langkah membuat surat masal :
1. Buat surat yang akan dijadikan surat masal.
2. Klik Mailings - pilih Select Recipient - lalu pilih Type New List.
3. Maka akan timbul jendela new address list, klik customize colums.
4. Ganti nama data yang ada di field name, sesuai dengan yang dibutuhkan. Lalu klik OK.
5. Isi data yang ada di new address list.
6. Pilih OK lagi pada jendela new addres list. Kemudian data base akan di simpan . Beri nama data base dan simpan.
7. Kembali ke surat yang di buat, klik Mailings - pilih Insert Merge Field untuk menentukan data ke dalam surat.
8. Klik Preview Result.
9. Klik anak panah ke kanan atau ke kiri pada review result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.

0 comments: